Jangan Lakukan 4 Hal Ini Pada Pompa ASI

Awas! Jangan Lakukan 4 Hal Ini Pada Pompa ASI

  • No Comments

ASI adalah minuman terbaik untuk bayi, karena mengandung  gizi yang lengkap. ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, sebab bayi belum bisa makan. Bagaimana jika Anda harus bekerja dan meninggalkan bayi? Anda bisa memompa ASI lalu meminta pengasuh untuk memberikannya. Ini beberapa larangan perlakuan pompa ASI yang bisa dibeli di toko yang jual perlengkapan bayi murah.

  1. Dipakai Secara Bergantian

Harga pompa ASI cukup tinggi, mulai dari 500.000 untuk pompa elektrik. Apa Anda ingin menyewa pompa untuk berhemat? Jangan pernah lakukan hal ini,karena takut pompa itu tidak steril dan merusak kualitas ASI Perah. Pompa yang dipakai bergantian juga bisa menularkan virus CMV. Jika Anda ingin membeli pompa yang murah, beli saja pompa ASI manual.

  1. Tidak Mensterilkannya Setelah Dipakai

Pompa ASI wajib disterilkan dengan cara dicuci dengan air hangat dan memakai sabun pembersih khusus anti bakteri. Setelah itu, bagian-bagian pompa direbus atau dimasukkan ke dalam alat sterilisasi, baru dikeringkan dan disimpan. Pompa jadi bersih dan steril secara sempurna. Alat sterilisasi bisa didapatkan di toko perlengkapan bayi murah.

Jika Anda tertidur dan lupa tidak mencuci pompa ASI, dikhawatirkan pompa akan dihinggapi oleh bakteri cronobacter sakazakii yang bisa menyebabkan penyakit meningitis. Selang pompa yang kotor juga bisa membuat pompa kurang awet, karena akan ada penyumbatan saat menyalurkan ASI perah. Bersihkan dan sterilkan pompa ASI demi kesehatan bayi Anda.

  1. Tidak Melindunginya Saat Dibawa

Saat membawa pompa ASI ke kantor, simpan di dalam tas berlapis busa, lalu masukkan lagi ke tas lain. Mengapa harus 2 lapis? Karena benturan bisa meretakkan bahkan memecahkan pompa ASI. Bungkuslah pompa dan bawalah dengan hati-hati. Anda tentu tidak mau pompa ASI jadi rusak karena kecerobohan Anda sendiri.

  1. Membersihkannya dengan Sabun Biasa

Pompa ASI harus dibersihkan dengan air hangat dan menggunakan cairan sabun cuci piring khusus anti bakteri. Jangan gunakan sabun biasa, karena dikhawatirkan pompa akan tidak bersih saat dicuci. Kuman dan bakteri akan datang jika Anda kurang bersih dan kurang teliti saat mencuci pompa ASI.

Merawat pompa ASI memang membutuhkan ketelitian dan waktu khusus. Pompa harus dibersihkan dengan seksama karena jika kotor, ia bisa jadi media penularan bakteri dan virus. Pompa yang terawat akan awet dan bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Perlakukan pompa ASI  dengan hati-hati, karena Anda tidak bisa memeras ASI dengan bebas tanpa jasanya.

Anda mencari pompa ASI manual atau elektrik? Dapatkan hanya di Orami, toko perlengkapan bayi murah yang menyediakan pompa ASI  dan segala keperluan untuk bayi dan ibu menyusui. Ada banyak diskon di Orami dan dapatkan promo gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Orami, tempat belanja pompa ASI dan perlengkapan bayi terlengkap dan terpercaya.

About Author

shares